BAHAN AJAR (MATERI PEMBELAJARAN)

blogger templates
  1. Pengeratian Bahan Ajar
Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai.
Terkait dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP),  materi singkat ini perlu kita pahami. Dalam Permendiknas nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses disebutkan Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompe­tensi.
Ada dua hal penting yang harus kita pahami sebagai pra sayarat menyusun materi ajar  yaitu:
(1)   Memahami pengertian dan contoh-contoh dari fakta, konsep, prinsip dan prosedur
(2)   Keterampilan untuk menuliskan butir-butir materi sesuai dengan rumusan indikator.
Jadi berdasarkan uraian di atas penulis sependapat bahwa materi ajar tidak cukup untuk ditulis judulnya saja tetapi perlu diuraian secukupnya sehingga memberi arah kepada guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Jika hal ini dilakukan maka guru akan mudah untuk menjelaskan maupun memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran.
  1. Jenis-Jenis Materi
Di atas telah penulis jelaskan bahwa terdapat empat jenis materi yang perlu di tuangkan ke dalam materi ajar yaitu fakta, konsep, prinsip dan prosedur.
Termasuk jenis materi fakta adalah nama-nama objek, peristiwa sejarah, lambang, nama tempat, nama orang, dsb. (Ibu kota Propinsi Jawa Timur  adalah Surabaya; Negara RI merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945). Termasuk materi konsep adalah pengertian, definisi, ciri khusus, komponen atau bagian suatu objek (Contoh kursi adalah tempat duduk berkaki empat, ada sandaran dan lengan-lengannya).
Termasuk materi prinsip adalah dalil, rumus, adagium, postulat, teorema, atau hubungan antar konsep yang menggambarkan “jika..maka….”, misalnya “Jika logam dipanasi maka akan memuai”, rumus menghitung luas bujur sangkar adalah sisi kali sisi.
Materi jenis prosedur adalah materi yang berkenaan dengan langkah-langkah secara sistematis atau berurutan dalam mengerjakan suatu tugas. Misalnya langkah-langkah mengoperasikan peralatan mikroskup, cara menyetel televisi. Materi jenis sikap (afektif) adalah materi yang berkenaan dengan sikap atau nilai, misalnya  nilai kejujuran, kasih sayang, tolong-menolong, semangat dan minat belajar, semangat  bekerja, dsb.
Untuk membantu memudahkan memahami keempat jenis materi pembelajaran aspek kognitif tersebut, berikut kami sajikan jenis, pengertian dan Contoh materi.

No.
Jenis Materi
Pengertian dan contoh
1.
Fakta
Menyebutkan kapan, berapa, nama, dan di mana.
Contoh:
Negara RI merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945; Seminggu ada 7 hari; Ibu kota Negara RI Jakarta; Ujung Pandang terletak di Sulawesi Selatan.
2.
Konsep
Definisi, identifikasi, klasifikasi, ciri-ciri khusus.
Contoh:
Hukum ialah peraturan yang harus dipatuh-taati, dan jika dilanggar dikenai sanksi berupa denda atau pidana.
3.
Prinsip
Penerapan dalil, hukum, atau rumus. (Jika…maka….).
Contoh:
Hukum permintaan dan penawaran (Jika penawaran tetap permintaan naik, maka harga akan naik).
4.
Prosedur
Bagan arus atau bagan alur (flowchart), algoritma, langkah-langkah mengerjakan sesuatu secara urut.
Contoh:
Langkah-langkah menjumlahkan pecahan ialah:
1.     Menyamakan penyebut
2.    Menjumlahkan pembilang dengan dengan pembilang dari penyebut yang telah disamakan.
3.    Menuliskan dalam bentuk pecahan hasil penjumlahan pembilang dan penyebut yang telah disamakan.

Ditinjau dari pihak guru, materi pembelajaran itu harus diajarkan atau disampaikan dalam kegiatan pembelajran. Ditinjau dari pihak siswa bahan ajar itu harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasar indikator pencapaian belajar.
  1. Penerapan dalam RPP
Berikut ini contoh materi dalam RPP:
Materi Pembelajaran

Uraian Materi

Keliling persegi dan persegi panjang

ü  Lambang Keliling
ü  Pengertian keliling persegi dan persegipanjang
ü  Rumus keliling persegi dan persegipanjang
ü  Menentukan keliling persegi dan pesegipanjang


Jika dalam satu RPP terdapat dua indikator maka pola susunan matari ajar adalah:
Indikator (1)
-        Fakta
-        Konsep
-        Prinsip
-        Prosedur
Indikattor (2)
-        Fakta
-        Konsep
-        Prinsip
-        Prosedur







.