SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 1
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami pengertian keselamatan dan kesehatan kerja
D. Indikator:
· Dapat menjelaskan pengertian K3
E. Materi Pembelajaran:
- Pengertian K3
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 1 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Penyajian (100 Menit) | · Menjelaskan pengertian K3 | Memperhatikan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
1. Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
2. Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 2
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami pentingnya K3
D. Indikator:
· Dapat menjelaskan pentingnya K3
E. Materi Pembelajaran:
· Mengapa K3 penting
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 2 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Penyajian (100 Menit) | · Menjelaskan pentingnya K3 | Memperhatikan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 3
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami sumber dasar penyebab kecelakaan
D. Indikator:
· Dapat menjelaskan sumber dasar penyebab kecelakaan
E. Materi Pembelajaran:
· Sumber dasar penyebab kecelakaan
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 3 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Penyajian (100 Menit) | · Menjelaskan Sumber dasar penyebab kecelakaan | Memperhatikan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 4
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Langkah penerapan K3
D. Indikator:
· Dapat membuat langkah-langkah penerapan K3
E. Materi Pembelajaran:
· Langkah-langkah pnerapan K3
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 4 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Penyajian (100 Menit) | · Menjelaskan Langkah-langkah penerapan K3 | Memperhatikan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 5
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami komitmen penerapan langkah K3
D. Indikator:
· Dapat memahami komitmen penerapan langkah K3
E. Materi Pembelajaran:
· komitmen penerapan langkah K3
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 5 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Penyajian (100 Menit) | · Menjelaskan komitmen penerapan langkah K3 | Memperhatikan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 6
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami dokumentasi sistem manajemen K3
D. Indikator:
· Dapat membuat dokumentasi sistem manajemen K3
E. Materi Pembelajaran:
· dokumentasi sistem manajemen K3
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 6 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Penyajian (100 Menit) | · Menjelaskan dokumentasi sistem manajemen K3 | Memperhatikan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 7
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami pengendalian dokumen K3
D. Indikator:
· Dapat melakukan pengendalian dokumen K3
E. Materi Pembelajaran:
· Pengendalian dokumen K3
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 7 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Penyajian (100 Menit) | · Menjelaskan Pengendalian dokumen K3 | Memperhatikan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 9
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami manajemen resiko
D. Indikator:
· Dapat melakukan manajemen resiko
E. Materi Pembelajaran:
· Manajemen resiko
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 9 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Penyajian (100 Menit) | · Menjelaskan manajemen resiko | Memperhatikan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 10
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami peluang dan resiko
D. Indikator:
· Dapat memprediksi peluang dan resiko kecelakaan kerja
E. Materi Pembelajaran:
· Peluang kecelakaan kerja
· Resiko kecelakaan
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 10 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Penyajian (100 Menit) | · Menjelaskan Peluang dan Resiko kecelakaan kerja | Memperhatikan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 11
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami penerapan K3 di industri
D. Indikator:
· Dapat mencari contoh penerapan K3 di dunia industri
E. Materi Pembelajaran:
· Pemahaman penerapan K3 di dunia industri
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 11 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Diskusi (100 Menit) | · Mendengarkan, bertanya dan memberi komentar | Menyajikan makalah, mendengarkan, bertanya dan memberi komentar | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 12
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami penerapan manajemen resiko di dunia industri
D. Indikator:
· Dapat mencari dan memahami contoh penerapan manajemen resiko di dunia industri
E. Materi Pembelajaran:
· Contoh penerapa manajemen resiko di dunia industri
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 12 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Diskusi (100 Menit) | · Mendengarkan, bertanya dan memberi komentar | Menyajikan makalah, mendengarkan, bertanya dan memberi komentar | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 13
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami pembuatan sistem K3
D. Indikator:
· Dapat memahami teori pembuatan sistem K3
E. Materi Pembelajaran:
· Teori pembuatan sistem K3
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 13 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Penyajian (100 Menit) | · Menjelaskan Teori pembuatan sistem K3 | Memperhatikan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 14
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami pembuatan sistem K3
D. Indikator:
· Dapat membuat sistem K3
E. Materi Pembelajaran:
· Praktek pembuatan sistem K3
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 14 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Diskusi (100 Menit) | · Membimbing pembuatan sistem K3 | Membuat sistem K3 dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan · Memberikan tugas | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan dan Keselamatan kerja
Nomer Kode/Sks : GPT 23509 / 2 sks
Waktu Pertemuan : 100 menit
Pertemuan ke : 15
Jurusan/Prodi : Pendidikan Teknik Mesin
B. Standar Kompetensi:
Agar mahasiswa dapat mengetahui Pengertian Keselamatn dan kesehatan kerja ,mengapa K3 penting, sumber dasar penyebab kecelakaan, langkah penerapan K3 Komitmen penerapan langkah K3 Pengendalian dokumen K3 manajemen resiko peluang dan resiko pembuatan system K3.
C. Kompetensi Dasar:
- Memahami pembuatan sistem K3 di bengkel
D. Indikator:
· Dapat membuat sistem K3 di bengkel
E. Materi Pembelajaran:
· Pembuatan sistem K3 di bengkel
F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
G Langkah-Langkah Pembelajaran:
No | Tahap Kegiatan | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media |
1 | Pendahuluan (10 menit) | Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 15 | Memperhatikan | Papan tulis, proyektor |
2 | Diskusi (100 Menit) | · Membimbing pembuatan sistem K3 di bengkel | Membuat sistem K3 dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
3 | Penutup (10 menit) | · Memberikan pertanyaan | Memperhatikan, menjawab pertanyaan dan bertanya | Papan tulis, proyektor |
H. Evaluasi:
I. Sumber Pembelajaran:
- Bennet NB Silalahi. 1995. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo
- Suma’mur. 1996. Keselamatan Kerja & Pencegahan kecelakaan. Jakarta:Gunung Agung