SILABUS DAN RPP SMA KURIKULUM 2013

blogger templates

            Kadang kita sebagai guru dipusingkan dengan pembuatan perangkat pembelajaran, baru selesai yang satu ada lagi yang baru, yang baru udah selesai eehh ada lagi yang paling terbaru. Tapi jangan terlalu khawatir kawan, mungkin ini sedikit bisa membantu anda menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 tinggal anda menyempurnakannya. berikut contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013.

SILABUS
MATA PELAJARAN EKONOMI (PEMINATAN)

Satuan Pendidikan  : SMA/MA
Kelas                            : XII (Dua Belas)

Kompetensi Inti (KI):
KI.1 = Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI.2 = Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3 = Memahami, menerapkan,  menganalisis dan  mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4 = Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri hakikat akuntansi sebagai system informasi keuangan
1.2 Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan bukti bukti transaksi keuangan ke dalam pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan ke dalam pengelolaan  perusahaan.
2.1 Bersikap jujur, disiplin tanggungjawab, peduli, responsive dan proaktif dalam melakukan tahapan akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungajawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
3.1 Mendeskripsikan akuntantasi sebagai system informasi keuangan
3.2 Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi
3.3 Menganalisis siklus akuntansi perusahaan jasa
3.4 Menganalisis siklus akuntansi perusahaan dagang
4.1 Menyajikan akuntansi sebagai system informasi keuangan
4.2 Menerapkan konsep persamaan dasar akuntansi
4.3 Mempraktekan siklus akuntansi perusahaan jasa
4.4 Mempraktekan siklus akuntansi perusahaan dagang 
Lengkapnya Douwnload disini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMAN 1 Puriala
Kelas/Semester        : XII/2
Mata Pelajaran        : Ekonomi (Peminatan)
Topik                          : Jurnal          

Pertemuan                 : 1 

A. Kompetensi Inti (KI):
KI.1 = Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI.2 = Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3 = Memahami, menerapkan,  menganalisis dan  mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4 = Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


4.3  Mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.      Menjelaskan konsep jurnal
2.      Menjelaskan langkah-langkah pencatatan jurnal.
3.      Menjelaskan Mekanisme mendebet dan mengkredit
4.      Membuat jurnal umum dari berbagai jenis transaksi.

D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui diskusi siswa dapat.
3. Menjelaskan langkah-langkah pencatatan jurnal.
4. Menjelaskan Mekanisme mendebet dan mengkredit
5. Membuat jurnal umum dari berbagai jenis transaksi.

E.  Materi Ajar:
1.      Pengertian jurnal
2.      Fungsi jurnal
3.      Bentuk jurnal
4.      langkah-langkah pencatatan jurnal
5.      mekanisme mendebet dan mengkredit.
6.      Transaksi jurnal akuntansi perusahaan jasa.

F. Alokasi Waktu: 2 x 45 menit

1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode        : Ceramah dan Diskusi model STAD

H. Kegiatan Pembelajaran
Lengkapnya Douwnload disini

Kalau diatas belum cukup, baiklah saya berikan contoh lain dibawah ini:







.