RPP CL ( COOPERATIVE LEARNING ) MATEMATIKA SD

blogger templates
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan     : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester          : VI/ II
Materi Pokok              : Pengolahan Data
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

I.       STANDAR KOMPETENSI
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data

II.    KOMPETENSI DASAR (KD)
Menafsirkan hasil pengolahan data

III. INDIKATOR
Siswa dapat :
1.      Mengelompokkan data kedalam bentuk diagram penyajian data
2.      Menggambarkan data kedalam bentuk diagram penyajian data
3.      Membaca / menafsirkan diagram batang suatu data

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Mengelompokkan data kedalam bentuk diagram penyajian data
      -  Mampu membaca suatu data
      -  Mampu mengelompokkan data dalam bentuk tabel
- Mampu memindahkan data dalam bentuk tabel ke bentuk diagram penyajian data
2. Menggambarkan data kedalam bentuk diagram penyajian data
      - Mampu menggambar macam – macam diagram penyajian data
      - Mampu menggambar data dalam masing – masing bentuk penyajian data
3. Membaca / menafsirkan diagram batang suatu data
      - Membaca data dalam bentuk tabel
      - Membaca data dalam bentuk diagram batang
      - Menafsirkan diagram batang suatu data
      - Menentukan modus, median dan mean suatu data dari diagram yang disediakan

IV. MODEL PENGAJARAN
Pembelajaran Kooperatif (CL)

V.    SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Buku paket Matematika kelas VI
2.      Lembar Kerja
3.      Penelitian
4.      Lingkungan
5.      Teman
                   
VI. ALAT DAN BAHAN
1.      Papan tulis
2.      Spidol warna
3.      Penggaris
4.      Jangka

VII.          KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1.      Pendahuluan (± 10 menit)
a.       Memotivasi siswa dengan ice breaking, kemudian meminta siswa menceritakan tempat – tempat pariwisata yang pernah dikunjungi, berapa banyak hewan peliharaan yang berada dirumah, menanyakan siapa yang paling banyak kunjungan tempat pariwisatanya maupun jumlah hewan peliharaan dirumah. Dimana sebelumnya meminta siswa untuk mendata jumlahnya sambil mengingatkan kembali tentang materi sebelumnya tentang bentuk – bentuk diagram penyajian data. (FASE 1)
b.      Pada papan tulis, tuliskan Materi pokok yang akan diajarkan “MENAFSIRKAN/MEMBACA DIAGRAM SUATU DATA” (FASE 1)
c.       Menyampaikan kompetensi dasar, indikator pembelajaran dan tujuan pembelajaran (FASE 1)
2.      Inti (± 50 menit)
a.       Guru menyampaikan informasi kepada siswa seperti pengetahuan banyaknya siswa setiap kelas dari kelas 1 - 6  (FASE 2)
b.      Guru menanyakan kepada siswa tentang perbandingan lebih banyak atau lebih sedikit dari informasi yang telah diberitahukan.  (FASE 2)
c.       Guru membimbing siswa untuk membentuk kelompok. Sebelumnya anggota kelompok ditentukan oleh guru yang ditentukan secara heterogen, tanpa memperhatikan perbedaan jenis kelamin, ras, agama dan lain-lain. (FASE 3)
d.      Guru meminta siswa duduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif sambil mengingatkan keterampilan kooperatif yang akan dilatihkan dan bagaimana cara mengikuti pelatihan keterampilan kooperatif. (FASE 3)

Tatanan dan keterampilan kelompok pembelajaran kooperatif :

1.      Adanya saling ketergantungan positif, saling membantu dan saling memberikan motivasi sehingga ada interaksi positif.
2.      Adanya akuntabilitas individual antar siswa untuk mengukur penguasaan materi pelajaran tiap anggota kelompok. Kelompok umpan balik tentang hasil belajar para anggotanya sehingga dapat saling mengetahui siapa yang memerlukan bantuan dan siapa yang dapat memberikan bantuan.
3.      Kelompok belajar heterogen, baik dalam kemampuan akademik, jenis kelamin, ras, etnik, dan sebagainya sehingga dapat saling mengetahui siapa yang memerlukan bantuan dan siapa yang dapat memberikan bantuan.
4.      Pimpinan kelompok dipilih secara demokratis atau bergilir untuk memberikan pengalaman memimpin bagi para anggota kelompok.
5.      Ketrampilan sosial yang diperlukan dalam kerja gotong royong seperti kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi mempercayai orang lain
6.      Penekanan tidak hanya pada penyelesaian tugas tetapi juga hubungan interpersonal ( hubungan antar pribadi yang saling menghargai ) antar siswa.
e.       Membagikan LK tentang perintah mengumpulkan data, manggambarkan dalam bentuk diagram dan menafsirkan dalam menjawab berbagai pertanyaan yang telah disediakan, dan tiap-tiap kelompok siap akan seperangkat alat dan bahan untuk mengerjakan LK itu, yang sebelumnya sudah diberitahukan pada pertemuan sebelumnya (FASE 3)
f.       Meminta siswa melakukan kegiatan dalam LK dan Guru membimbing tiap-tiap kelompok untuk melakukan kegiatan dalam LK itu dengan batasan waktu yang telah ditentukan. (FASE 4).
g.      Setelah semua kelompok telah menyelesaikan tugas yang diberikan guru, dengan batas waktu yang sebelumnya telah ditentukan, guru meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan guru memberikan kesempatan pada kelompok lain yang tidak sedang presentasi untuk memberikan tanggapan ataupun bertanya mengenai hasil presentasi kelompok. (FASE 5)
h.      Guru memastikan bahwa seluruh kelompok telah mengetahui jawaban yang benar dari setiap tanya jawab dari hasil presentasi tiap – tiap kelompok. ( acuannya dengan berdiskusi bersama, baik melihat buku paket, LKS ataupun sumber belajar lainnya) (FASE 5)




3.       Penutup (± 10 menit)

a.       Mengevaluasi siswa dengan memberi pertanyaan-pertanyaan secara lisan, seputar indikator pembelajaran yang ingin dicapai. (FASE 5)
b.      Memberi penghargaan pada siswa atau kelompok yang kinerjanya bagus. (FASE 6)
c.       Membimbing siswa membuat rangkuman pelajaran, dengan mempersentasikan lagi jawaban benar LK yang benar oleh perwakilan salah satu kelompok.
d.      Sebagai kegiatan akhir, guru memberi tugas rumah untuk siswa sebagai penguatan materi menafsirkan diagram suatu data.


VIII.       PENILAIAN

1.      Penilaian dalam diskusi kelompok

Mata Pelajaran                           :
Satuan Bahasan                         :

NO
Nama Kelompok
Aspek yang Dinilai
Skor Akhir
Berpartisipasi
Saling tukar menukar gagasan
Saling membantu menerima bantuan
Menanggapai dengan baik ketidak sesuaian pendapat
Tidak mengganggu kelompok lain
1







2







3







4









                Skala penilaian :
                        5 = Luar Biasa
                        4 = Sangat baik
                        3 = Cukup Baik
                        2 = Lemah
                        1 = Tidak Memuaskan

2.      Penilaian Presentasi per kelompok

Nama Kelompok                        :
Satuan Bahasan             :

NO
Nama Anggota kelompok
Aspek yang Dinilai
Skor Akhir
Sikap dalam menyampaikan materi
Intonasi dalam menyampaikan materi
Isi Presentasi yang disampaikan
Penguasaan Materi
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan
1







2

3

4


                        Skala Penilaian    :
                        5 = Sangat Memuaskan
                        4 = Memuaskan
                        3 = Sangat Baik
                        2 = Baik
                        1 = Cukup
Skor akhir = SKOR I + SKOR II

                  SKOR I = Jumlah skor kelompok x 2
                  SKOR II   = Jumlah skor x 2                             
CATATAN :
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                                       Guru Mapel 


  ..................................                                                                ..................................

  NIP :                                                                                         NIP :






.