Penilaian dilakukan secara menyeluruh yaitu mencakup semua aspek kompetensi yang meliputi kemampuan kognitif, psikomotorik, dan afektif.Kemampuan kognitif adalah kemampuan berpikir yang menurut taksonomi Bloom secara hierarkis terdiri ataspengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Pada tingkat pengetahuan, peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan hapalan saja. Pada tingkat pemahaman, peserta didik dituntut untuk menyatakan jawabanatas pertanyaan dengan kata-katanya sendiri. Misalnya, menjelaskan suatu prinsip atau konsep. Pada tingkat aplikasi, peserta didik dituntut untuk menerapkan prinsip dan konsep dalam suatu situasi yang baru. Pada tingkat analisis, peserta didik diminta untuk menguraikan informasi ke dalam beberapa bagian, menemukan asumsi, membedakan fakta dan pendapat, dan menemukan hubungan sebab akibat. Pada tingkat sintesis, peserta didik dituntut merangkum suatu cerita, komposisi, hipotesis, atau teorinya sendiri, dan mensintesiskan pengetahuan. Pada tingkat evaluasi, peserta didik mengevaluasi informasi, seperti bukti sejarah, editorial, teori-teori, dan termasuk di dalamnya melakukan judgement (pertimbangan)terhadap hasil analisis untuk membuat keputusan.
Tabel2 Aspekyang dinilai dalam berbagai mata pelajaran
No | Kelompokmatapelajaran | Contoh Mata pelajaran | Aspek yang dinilai |
1 | Agama danakhlakmulia | Pendidikan Agama | Pengetahuandansikap |
2 | Kewarganegaraandankepribadian | PendidikanKewarganegaraan | Pengetahuandansikap |
3 | IlmuPengetahuandan | Matematika | Pengetahuandansikap |
| Tenologi | Fisika, Kimia, Biologi | Pengetahuan, praktik, dansikap |
| | Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi, Antropologi | Pengetahuandansikap |
| | Bhs | Pengetahuan, praktik, dansikap |
| | TeknologiInformasidanKomunikasi | Pengetahuan, praktik, dansikap |
4 | Estetika | SeniBudaya | Praktikdansikap |
5 | Jasmani, olahraga, dankesehatan | Pendidikanjasmani, olahraga, dankesehatan | Pengetahuan, praktik, dansikap |