Serangan udara Israel di Suriah Targetkan lengan Convoy, AS

blogger templates

WapCyber4rt ™ —      Pesawat-pesawat tempur Israel melakukan serangan jauh di dalam wilayah Suriah pada hari Rabu, para pejabat Amerika melaporkan, mengatakan mereka percaya target adalah konvoi yang membawa senjata antipesawat canggih di pinggiran Damaskus yang ditujukan untuk milisi Syiah Hizbullah di Lebanon
 Menyoroti taruhannya diplomatik dan regional, serangan itu diminta baik Rusia dan Hizbullah untuk memberikan dukungan dalam berbagai derajat pada hari Kamis untuk Presiden Bashar al-Assad.
Para pejabat Amerika, yang berbicara tentang kondisi anonimitas, mengatakan Israel telah memberitahu Amerika Serikat tentang serangan itu, yang pemerintah Suriah mengutuk sebagai tindakan langkah Israel menunjukkan tekadnya untuk memastikan bahwa Hizbullah "arogansi dan agresi." - Nya lengkungan musuh di utara - tidak dapat mengambil keuntungan dari kekacauan di Suriah untuk meningkatkan arsenal secara signifikan.
Serangan fajar adalah pertama kalinya dalam lebih dari lima tahun yang Israel angkatan udara telah menyerang target di Suriah. Sementara tidak ada harapan bahwa pemerintah Suriah terkepung memiliki kepentingan dalam membalas, pemogokan mengangkat kekhawatiran bahwa perang sipil Suriah telah terus menyebar ke luar perbatasan.
Dalam sebuah pernyataan, militer Suriah membantah bahwa konvoi telah melanda. Dikatakan serangan itu menghantam sebuah fasilitas penelitian ilmiah di pinggiran kota Damaskus yang digunakan untuk meningkatkan pertahanan Suriah, dan menyebut serangan itu "pelanggaran mencolok kedaulatan Suriah dan wilayah udara."
Para pejabat Israel tidak akan mengkonfirmasi serangan udara tersebut, sebuah taktik umum di sini. Tapi itu terjadi setelah hari konsultasi keamanan intens dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengenai gerakan kemungkinan senjata kimia dan lainnya di seluruh Suriah, dan peringatan bahwa Yerusalem akan mengambil tindakan untuk menggagalkan setiap kemungkinan transfer kepada Hizbullah.
Ribuan warga Israel telah ramai gas-mask pusat distribusi selama dua hari terakhir. Pada hari Minggu, Israel dikerahkan Iron Dome-nya sistem pertahanan rudal di utara, dekat Haifa, yang dibom selama perang 2006 dengan Libanon.
Suriah dan Israel secara teknis dalam keadaan perang, tetapi telah lama mempertahankan perdamaian gelisah sepanjang puluhan tahun garis gencatan senjata mereka. Israel kebanyakan ditonton hati-hati dan mencoba untuk tetap keluar dari perang sipil mengamuk Suriah, takut memprovokasi konfrontasi yang lebih luas dengan Iran dan Hizbullah. Pada bulan November, namun, setelah beberapa mortir jatuh di sisi Israel dari perbatasan, tank menghantam sebuah unit artileri Suriah.
Beberapa analis mengatakan bahwa meskipun ketegangan meningkat, mereka pikir kemungkinan pembalasan atas serangan udara yang relatif rendah.
"Hal ini diperlukan dan benar untuk mempersiapkan kerusakan - skenario yang ada," Danny Yatom, mantan kepala Mossad, badan intelijen Israel, mengatakan kepada Ynet, situs web berita. "Tapi dalam penilaian saya, tidak akan ada reaksi, karena baik Hizbullah maupun Suriah memiliki kepentingan dalam membalas."
Presiden Suriah Assad, "jauh di masalah sendiri," kata Mr Yatom, "dan Hizbullah adalah membuat upaya besar untuk membantu dia, secara paralel dengan upaya untuk memperoleh senjata, sehingga mereka tidak akan ingin memperluas lingkaran pertempuran. "
Di Amerika Serikat, Departemen Luar Negeri dan Departemen Pertahanan tidak akan mengomentari laporan pemogokan.
Rusia, yang telah melakukan perang diplomatik yang kuat untuk mencegah intervensi militer asing dalam konflik Suriah selama lebih dari satu tahun, mengeluarkan pernyataan keprihatinan Kamis pagi, menggambarkan pemogokan sebagai "serangan oleh angkatan udara Israel pada objek di Suriah, dekat Damaskus. "
"Jika informasi ini dikonfirmasi, ini merupakan serangan tak beralasan pada wilayah suatu negara yang berdaulat, yang terang-terangan melanggar Piagam PBB dan apapun tidak dapat diterima dan dibenarkan motifnya," kata sebuah pernyataan yang dipasang di situs web Kementerian Luar Negeri Rusia.
Moskow mengatakan pihaknya akan mengambil langkah-langkah segera untuk menjelaskan apa yang telah terjadi, dan menegaskan kembali desakan lama pada solusi politik dan "tidak dapat diterima dari segala bentuk intervensi eksternal."
Di Beirut, kelompok militan Hizbullah mengutuk serangan secara terus terang lebih dan menawarkan dukungan. "Hizbullah mengungkapkan solidaritas penuh dengan, tentara kepemimpinan Suriah dan orang-orang," katanya dalam sebuah pernyataan.
Episode menggambarkan bagaimana meningkatnya kekerasan di Suriah, yang telah menewaskan lebih dari 60.000, yang menggambar di negara-negara tetangga dan mengancam untuk mengguncang wilayah tersebut lebih lanjut.
Iran telah tegas bersekutu dengan Mr Assad, mengirim personil dari Pasukan Revolusi Islam yang Quds Pengawal ke Suriah dan mengangkut peralatan militer ke Suriah melalui wilayah udara Irak

Seorang pejabat Amerika mengatakan, truk yang ditargetkan pada Rabu diyakini telah membawa canggih SA-17 senjata antipesawat. Kepemilikan Hizbullah senjata tersebut akan menjadi khawatir serius bagi pemerintah Israel, kata Matthew Levitt, seorang pejabat intelijen mantan yang di Institut Washington untuk Kebijakan Timur Dekat.
"Israel mampu terbang penerbangan pengintaian atas Lebanon dengan impunitas sekarang," kata Mr Levitt. "Ini bisa dipotong menjadi kemampuannya untuk melakukan intelijen udara. Berlalunya bersama senjata kepada Hizbullah oleh rezim adalah keprihatinan nyata. "
Sementara beberapa analis mengatakan pemerintah Assad mungkin menyediakan senjata kepada Hizbullah sebagai imbalan atas dukungannya, yang lain skeptis bahwa Suriah akan melepaskan seperti sistem yang canggih.
Hizbullah telah membual bahwa mereka telah diisi ulang dan meningkatkan senjata saham sejak perang 2006 dengan Israel. Selama perang itu, pengeboman Israel menghancurkan beberapa senjata, dan rudal lainnya yang digunakan dalam serangan yang menewaskan Israel selatan sejauh Haifa dan yang mendorong warga Israel utara ke tempat penampungan.
Pernyataan Suriah, dibawa oleh televisi negara, kata seorang nomor tak dikenal dari pesawat-pesawat Israel terbang di bawah radar sempat membentur fasilitas penelitian di distrik Jimraya, menewaskan dua orang dan menyebabkan serangan itu dilemparkan sebagai "lain selain" kerusakan material yang sangat besar. " sejarah Israel, agresi pendudukan dan kejahatan terhadap Arab dan Muslim. "
"Poin Pemerintah Suriah keluar kepada masyarakat internasional bahwa arogansi Israel dan agresi berbahaya bagi kedaulatan Suriah," kata pernyataan itu, "dan menekankan bahwa tindak pidana tersebut tidak akan melemahkan peran Suriah juga akan mencegah Suriah untuk terus mendukung gerakan perlawanan dan hanya Arab penyebab, khususnya masalah Palestina. "
Tentara Libanon mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa pesawat tempur Israel telah melakukan dua sorti, berputar-putar di atas Lebanon selama berjam-jam pada hari Selasa dan sebelum fajar pada hari Rabu, namun tidak menyebutkan dari setiap serangan.
Israel telah lama mempertahankan kebijakan keheningan di pre-emptive serangan militer. Pada bulan Oktober, para pejabat menolak untuk membahas tuduhan oleh Sudan bahwa serangan udara Israel telah menghancurkan sebuah pabrik senjata di Khartoum, ibukota. Israel juga tidak pernah mengakui pemboman sebuah reaktor nuklir Suriah pada 2007, Suriah terus bungkam mengenai serangan itu juga, dan ambiguitas memungkinkan acara untuk lulus tanpa tekanan perasaan Damaskus untuk membalas.
Amnon Sofrin, seorang brigadir pensiunan jenderal dan mantan perwira intelijen Israel, kepada wartawan di Jakarta, Rabu bahwa Hizbullah, yang diketahui telah menyimpan beberapa senjata yang lebih maju di Suriah, sekarang ingin pindah segala sesuatu yang bisa untuk Lebanon. Dia mengatakan Israel hati-hati mengawasi konvoi mentransfer sistem senjata dari Suriah ke Lebanon.
Israel telah menjelaskan bahwa jika pemerintah Suriah kehilangan kontrol atas senjata kimia atau mentransfernya ke Hizbullah, Israel akan merasa terdorong untuk bertindak. Avi Dichter, menteri untuk bagian depan rumah, mengatakan kepada Radio Israel pada hari Selasa bahwa opsi untuk mencegah Suriah dari menggunakan atau mentransfer senjata termasuk pencegahan dan "upaya untuk menekan stok."
"Semuanya akan memiliki konsekuensi," kata Mr Dichter. "Para stok tidak selalu di tempat-tempat di mana pemikiran operasi adalah mungkin. Bisa jadi bahwa memukul stok juga akan berarti orang memukul. Israel tidak berniat memukul warga Suriah. "





 






.