Kurangnya Peminat Jurusan Fisika

blogger templates
kata  kunci/keyword gambar
Mahasiswa Baru Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong  Tahun 2012 hanya 42 orang ????
Tentu menjadi pertanyaan besar dibenak kita bukan hanya menjadi pertanyaan lembaga yang terkait tapi kita sebagai keluarga besar pendidikan fisika Hamzanwadi Selong..Apasih penyebabnya ?
Apa benar Fisika itu menakutkan ?
Apa benar Fisika itu Sulit dan menjadi momok bagi siswa dalam ujian Nasional sehingga saat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi para calon Mahasiswa berfikir panjaaaaang terlebih dahulu untuk mengambil jurusan Fisika.....??? ya tentu saja benar menurut para segelintir orang yang malas berfikir dan malas mancari tahu/berexplorasi termasuk sayaa...haha

baiklah kembali ke permasalahan,
Pertanyaannya adalah apa PENYEBAB minimnya Peminat jurusan Fisika di STKIP Hamzanwadi Selong??

Menurut beberapa narasumber penyebabnya antara lain :


  •  35% Mengatakan Kebijakan Lembaga yang kurang pas dihati jadinya lari ke lain hati deh...
  •  44%Fisika SULIT terlalu banyak rumus...
  •  1%Jurusan Fisika kurang ngtop di STKIP Hamzanwadi   
  •  Dan sisanya mengatakan " Masalah Buat Gue....??


Sebelumnya saya minta maaf dulu nih hanya bisa ngasi solusi untuk yang mengatakan Fisika itu Sulit,,,


ketika seseorang di tanya “Apakah kamu suka dengan Fisika,,,,?
Banyak siswa atau pun mahasiswa yang menjawab tidak terlalu suka, banyak orang yang menganggap fisika itu sulit, banyak rumus, banyak menghitung, dll.
Inilah berbagai Anggapan yang membuat Fisika sebagai pelajaran yang menakutkan bagi siswa.
1. Anggapan bahwa Fisika hanya bisa dikuasai oleh orang cerdas
Banyak kalangan yang beranggapan bahwa fisika adalah ilmu yang susahnya minta ampun, sehingga yang bisa menguasainya hanya orang-orang jenius, minimal cerdas. Alasan orang menganggap fisika itu sulit karena banyaknya hal-hal yang terkesan abstrak. Seperti gaya (force), momentum, listrik, dsb yang “tidak kelihatan.” Fisika kok abstrak?!
Pendapat tersebut jelas salah besar. Untuk menguasai Fisika cukup diperlukan satu syarat saja: akal sehat. Jadi, asal anda tidak gila, dalam arti memiliki akal sehat, itu sudah sangat cukup untuk memahami fisika dengan baik.
2. Fisika adalah pelajaran hafalan rumus
Padahal menghafal hanya sebagai alat bantu untuk mempercepat penyelesaian soal. Cara menghafalnya pun ada triknya sehingga mudah diingat sesuai logika akal sehat. Dengan memahami gaya dan gerak, kita akan sangat mudah menghafal rumus tegangan permukaan, rumus gerak peluru dan rumus lainnya yang terlihat panjang dan rumit (akan saya coba terangkan di pembahasan selanjutnya).
3. Fisika adalah matematika
Matematika hanyalah alat bantu. Dan sama seperti Fisika, Matematika itu selaras dengan akal sehat, jadi sebenarnya manusia itu tidak punya kesulitan memahami matematika.
Sebagai urun rembug, ada beberapa usulan yang bisa dipertimbangkan oleh guru-guru Fisika agar murid-muridnya menyukai Fisika, antara lain:

Perbanyak praktikum. Agar tidak terkesan abstrak, murid harus diajak belajar dengan menyaksikan fenomena. Ini bisa dilakukan dengan melakukan banyak praktikum. Sebagai catatan, praktikum ini bisa dilakukan meski dengan alat sederhana! Saya sangat salut dengan salah satu dosen optik Teknik Fisika, Prof. Andri. 
Beliau membangun peralatan praktikum optik dengan alat-alat sederhana. Tapi dari situlah teman-teman Teknik Fisika bisa memahami arti fisis fenomena optik dengan jelas. Bahkan dari lab sederhana inilah banyak penelitian yang muncul di jurnal-jurnal ilmiah internasional. Berbicara tentang arti fisis ini, saya jadi teringat dengan salah satu teman saya. Setiap habis diterangkan oleh dosen, terutama kuliah-kuliah yang terkesan abstrak, seperti elektromagnetik dan fenomena gelombang, pertanyaan yang selalu ditanyakan adalah : Arti fisisnya seperti apa? Karena seringnya menanyakan seperti itu, pertanyaannya selalu bisa ditebak “arti fisisnya seperti apa?” Dia sering diledek, tetapi dia memang benar, untuk lebih memahami kita memang memerlukan deskripsi fisis! Dia sekarang benar-benar menjadi ilmuwan!
Perbanyak akses informasi melalui internet. Buatlah siswa didik kita untuk rajin berfisika ria di internet. Sekarang banyak website yang menampilkan ilustrasi dan simulasi peragaan fisika yang akan memudahkan pemahaman anak didik tentang fisika.
Kunjungan ke Laboratorium dan industri. Kunjungan ke laboratorium dan industri terkait akan membantu pemahaman siswa didik mengenai arti fisis dan terapannya di kehidupan nyata.
Metoda pengajaran yang santai. Ini sangat penting. Sangat disayangkan image yang terbangun selama ini adalah kebanyakan guru Fisika itu galak. Untungnya saya selalu mendapat guru Fisika yang kocak (mungkin gara-gara ini saya jadi masuk Teknik Fisika). Jika murid-murid sudah merasa nyaman dan dekat dengan guru Fisika, dijamin mereka akan mau mati-matian memahami Fisika. Kalau perlu anjurkanlah siswa didik Anda untuk suka membaca buku sastra! Buku sastra akan melatih kemampuan bahasa dan imajinasi siswa didik Anda untuk mendeskripsikan fenomena alam ke dalam bahasa yang mudah dipahami. Kemampuan ini akan sangat membantu mereka kelak ketika menjadi ilmuwan.
 Sumber : KOMPAS
Tips Belajar Fisika 
pendahuluannya Jangan Pernah takut pada Fisika tapi taklukkan dia, seperti halnya menaklukkan hatinya sidya...
1.  Pahami terlebih dahulu konsepnya
2.  Pelajari mulai dari tingkat yang paling dasar
3.  Latihan mengerjakan soal-soal
4.  Kembangkan soal yang lebih sulit agar pengetahuan lebih mendalam
5.  Belajar bersama

Semoga Bermanfaat....








.