Bercengkerama Dengan Teduhnya Pantai Sowan Kabupaten Tuban

blogger templates

Suasana siang yang panas, kering, dan udara yang gerah, tentu akan membuat kndisi badan tidak nyaman. Yang kita butuhkan tidak lain tidak bukan adalah kesejukan dan kedetudah.

minum es degan dengan angin sepoi sepoi, diiringi candaan teman di antara pepohonan dan gemericik air akan terasa seperti surga dunia saja.


Ya, pantai sowan. Tepatnya terletak dikecamatan bancar sekitar ±30 Km dari pusat kota tuban kearah barat. Tempat ini menyuguhkan keindahan pantainya dengan butiran-butiran pasir yang berwarna putih dan karang-karang yang indah. Dengan membayar karcis masuk Rp2000,- anda sudah bisa menikmati keindahannya. 

Rute : Dari arah Timur (Tuban dll) maupun dari arah Barat (Bulu,Semarang dll) turun di TPK Bancar / SOWAN lalu jalan kaki keutara sekitar 300m.

Pantai  yang menjadi salah  satu destinasi wisata di Tuban ini berada di areal yang sangat luas milik Perhutani daerah setempat.

Untuk menuju ke Pantai Sowan cukup mudah karena berada tak jauh dari jalur Pantura yaitu Jalan Raya Semarang – Surabaya dengan banyak angkutan umum yang melewatinya.

Untuk memasuki wisata ini dikenakan tiket masuk Rp 3000/orang.
Berada di Pantai Sowan, pengunjung bisa menikmati panorama ala pantai dengan banyak perahu dan aktifitas nelayannya.

Kontur tanah di sekitar pantai bergelombang seperti bukit. Banyak terdapat pohon dengan jenis tertentu yang oleh warga setempat disebut dengan Tapis. 
Banyak warga yang  memetik buah Tapis yang  berbentuk seperti asam itu dengan galah  karena  ternyata bisa bermanfaat sebagai campuran untuk sayuran. 

Caranya dengan  mengumpulkan dan mengecambahkan biji Tapis yang telah kering. Kecambah biji Tapis yang  disebut Ale itu kemudian dimasukkan ke dalam sayuran untuk memberi sensasi rasa tertentu yang nikmat.Ale itu sendiri biasa jual dengan harga Rp 8000/kg.









.