Mungkin saat ini masih ada Rekan-rekan OPS yang mengalami permasalahan gagal sinkronisasi karena muncul keterangan “Sinkronisasi Semua” setelah klik “Sinkronisasi”.
Alhamdulillah tips ini sudah saya diujicobakan hari ini (14/02/2014), setelah ada seorang Rekan OPS datang ke tempat saya, karena sudah mencoba tips yang sudah saya share sebelumnya di blog ini, namun belum berhasil alias gagal.
Alhamdulillah tips ini sudah saya diujicobakan hari ini (14/02/2014), setelah ada seorang Rekan OPS datang ke tempat saya, karena sudah mencoba tips yang sudah saya share sebelumnya di blog ini, namun belum berhasil alias gagal.
Oke…, langsung saja, berikut langkah-langkah yang sudah saya coba tadi untuk mengatasi gagal sync karena timbul “Sinkronisasi Semua” setelah klik tombol "Sinkronisasi", sebagai berikut :
1. Copy paste folder “database” dari folder “Dapodikdas” di program files ke “tempat yang aman” (flash disc / drive lain).
2. Hapus / uninstall aplikasi Dapodikdas dari komputer.
3. Install ulang Dapodikdas versi terbaru v.2.0.6, bisa juga menggunakan Installer Dapodikdas v.2.0.5, langsung patch ke v.2.0.6.
4. Stop DapodikdasDB dan DapodikdasWebsrv pada “Services (Local)”.
5. Copy paste / pindahkan folder “database” hasil back up terakhir tadi.
6. Star kembali dua sistem Services (Local) pada nomor 4 di atas.
7. Restart komputer PC / Laptopnya tersebut.
8. Buka web browser default Anda, jangan lupa “Clear” semua history/riwayatnya.
9. Jadikan default web browsernya tadi. Kalau saya gunakan “Chrome”.
10. Buka aplikasi Dapodikdas 2013.
11. Selesai.
Demikian share tips terbaru tentang cara/solusi mengatasi permasalahan gagal sinkronisasi dikarenakan adanya keterangan “Sinkronisasi semua” setelah klik “Sinkronisasi”. Mohon dibaca dan diterapkan satu demi satu tips di atas, bila benar langkah-langkahnya, insya Allah berhasil. semoga berhasil dan terimakasih…