IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DIMULAI DARI GURU

blogger templates
       Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini kita yang terlibat di dunia pendidikan, selalu mendengar kalimat pendidikan karakter. Pendidikan karakter inilah yang harus kita upayakan dengan baik dalam implementasinya untuk kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter merupakan pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik & mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Berbagai  permasalahan muncul akhir-akhir ini, yang menjadikan pendidikan karakter menjadi sangat penting.
Masalah tersebut antara lain terjadinya disorientasi dan belum dihayatinya nilai-nilai Pancasila, pudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa, keterbatasan perangkat kebijakan terpadu dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila, bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan terjadinya ancaman disorientasi bangsa, serta melemahnya kemandirian bangsa. Adapun nilai-nilai karakter bangsa yang seharusnya dimiliki oleh masyarakat khususnya anak bangsa yaitu : religius, kreatif, cinta tanah air, jujur, mandiri, menghargai, toleransi, demokratis, tanggungjawab, disiplin, rasa ingin tahu, gemar baca , kerja keras, semangat, bersahabat, peduli lingkungan kebangsaan komunikasi, dan cinta  damai serta peduli sosial. Nilai-nilai ini lah yang seharusnya dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercermin masyarakat Indonesia yang bermoral Pancasila.

       Dalam mengimplementasikan pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran di kelas hendaknya dimulai dari guru.  Jika guru yang memberi materi pembelajaran selalu beretika dengan baik, berprilaku sopan, disiplin dan jujur, maka hal ini akan mempermudah guru tersebut untuk menerapkannya kepada siswanya. Dengan kata lain, jangan meminta anak untuk mengimplementasikan nilai-nilai tertentu jika guru hanya sekedar memerintah tanpa mencoba untuk melakukan sendiri. Kesadaran inilah yang seharusnya dimiliki oleh setiap guru yang ada di Indonesia agar mencerminkan karakter bangsa Indonesia. Selain itu, keteladanan juga merupakanperilaku dan sikap yang harus dimilikiguru dalammemberikan contoh terhadap tindakan-tindakan yang baik,sehingga diharapkan menjadi panutan bagi peserta didik untuk mencontohnya. Jika guru menghendaki agar peserta didik berperilaku dan bersikap sesuai karakter bangsa maka guru adalah orang yang pertama dan utama memberikan contoh berperilaku dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai itu. Misalnya, berpakaian rapi, bertutur kata sopan, kasih sayang, datang tepat pada waktunya, bekerja keras, perhatian terhadap peserta didik, jujur, menjaga kebersihan.






.