Cara Menggunakan Aplikasi EPIK

blogger templates


Pada kolom web browser, ketik :
http://kurikulum.kemdikbud.go.id
Yang bisa masuk ke aplikasi EPIK adalah akun yang telah terdaftar. Untuk role Sekolah silahkan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang telah didaftarkan oleh administrator. Misal untuk masuk sebagai SMP NEGERI 1 MALANG menggunakan nama pengguna : SMP NEGERI 1 MALANG, kata sandi : SMPN NEGERI 1 MALANG. Berikut adalah tampilan ketika pengguna berhasil masuk dengan hak akses sebagai role Sekolah :


Gambar 3.3 : Halaman Utama Role Sekolah

4 Menu dan Cara Penggunaan
Adapun menu – menu yang ada pada role Sekolah adalah :
1.Konfirmasi Penerimaan
Untuk konfirmasi penerimaan paket buku yang diterima dari perusahaan
2.Bantuan
Bantuan adalah menu untuk mengisi pengaduan atau masukan berkaitan dengan distribusi paket buku.

4.1Konfirmasi Penerimaan
Konfirmasi penerimaan mempunyai 2 sub menu, yaitu Konfirmasi untuk melihat daftar paket buku yang harus dikonfirmasi, dan Telah Dikonfirmasi yaitu daftar penerimaan paket buku yang sudah dikonfirmasi

4.1.1 Konfirmasi
Paket buku yang dikirimkan oleh perusahaan akan masuk dalam menu Konfirmasi ini.Tekan tombol pada kolom Aksi untuk meng-konfirmasi paket buku baru


Gambar 4.1 : Daftar Konfirmasi Penerimaan

Isikan Tanggal Penerimaan dan No.Bukti Penerimaan. Pada tabel Detail Penerimaan ada keterangan jumlah paket yang harusnya diterima. Jika jumlah paket yang diterima sama dengan jumlah yang ada dikolom Jumlah Paket , maka anda bisa langsung menekan tombol


Gambar 4.2 : Form Konfirmasi dengan Jumlah Paket Benar

Jika paket yang diterima tidak sesuai dengan yang tertera pada kolom Jumlah Paket , silahkan mengisikan berapa jumlah paket yang diterima dan berikan komentar pada Catatan.


Gambar 4.3 : Form Konfirmasi dengan Jumlah Paket Salah
Setelah paket berhasil dikonfirmasi maka pada kolom aksi terdapat keterangan “Sudah Dikonfirmasi”
Gambar 4.4 : Sukses Konfirmasi Paket



4.1.2 Sudah Dikonfirmasi
Menu ini untuk melihat daftar paket yang sudah dikonfirmasi.
Gambar 4.5 : Daftar Sudah Dikonfirmasi
Klik tombol untuk melihat detail penerimaan paket

Gambar 4.6 : Detail Konfirmasi Paket



4.2 Bantuan

4.2.1 Daftar Bantuan
Berisi daftar pengaduan atau masukan dari Sekolah berkaitan dengan distribusi paket buku
Gambar 4.7 : Daftar Bantuan
4.2.2 Tambah Bantuan
Untuk menambah bantuan klik tombol


Gambar 4.8 : Tambah Bantuan

5 Ganti Kata Sandi
User bisa mengganti kata sandi dengan cara klik link username pada header halaman. Misal pada contoh gambar dibawah ini klik link SMP NEGERI 01 MALANG.



Setelah itu akan masuk ke halaman Ganti Kata Sandi dan Informasi Pribadi seperti gambar dibawah ini. Isikan kata sandi baru pada Kata Sandi kemudian ulangi pada Konfirmasi Kata Sandi.Jika kata sandi yang dimasukkan benar maka akan tampil keterangan “Kata Sandi
Sesuai” . Kemudian klik tombol dan klik Keluar untuk login kembali menggunakan kata sandi baru.


Gambar 5.2 : Halaman Ganti Kata Sandi dan Informasi Pribadi
Isikan informasi tentang sekolah pada Informasi Pribadi khususnya yang bertanda (*) yang
artinya wajib diisi. Email wajib disini karena digunakan ketika user ingin Forgot Password .


6 Lupa Kata Sandi (Forgot Password)
Jika user lupa kata sandi, maka user bisa mengetahuinya dengan klik Lupa Kata Sandi pada halaman login seperti gambar dibawah ini


Anda akan diminta untuk memasukkan email dan klik
Gambar 6.2 : Masukkan Email
Kemudian tampil konfirmasi untuk mengecek email anda seperti berikut




Ikuti link yang diberikan pada email sehingga tampil halaman untuk memasukkan kata sandi
baru
Gambar 6.4 : Masukkan Kata Sandi Baru


Sumber : Here






.