Desain Materi Ajar Bahasa Arab dalam Keterampilan Menyimak dengan menggunakan Program Komputer Audacity (Penelitian Pengembangan & Eksperimen di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Jombang ) Penulis : Tahun : 2011 Fakultas : Pasca Sarjana Jurusan : S2 Pendidikan Bahasa Arab Pembimbing : 1) Dr. Faisal Mahmoud Adam Ibrahim. 2) Dr. H.M. Afifuddin Dimyathi. Kata Kunci : Desain Materi Ajar, Keterampilan Menyimak, Program Komputer Audacity
Tujuan dasar pengajaran keterampilan menyimak adalah bagaimana para siswa mampu untuk mengidentifikasi bunyi beberapa huruf dan kata secara benar dan mampu memahami kandungan suatu percakapan, paragraf, gambar yang diperdengarkan. Tetapi pada kenyataannya bahwa keterampilan menyimak ini masih sulit dan membosankan bagi para siswa khususnya di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Jombang. Peneliti menemukan bahwa permasalahan atau kesulitan ini bersumber dari tidak efektif dan menariknya media pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka diajukan pertanyaan rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana cara mendesain materi bahasa arab dalam keterampilan menyimak dengan menggunakan program komputer Audacity?, (2) Sejauhmana efektifitas program tersebut dalam mengidentifikasi bunyi kata-kata bahasa arab ?, 3) Sejauhmana efektifitas program tersebut dalam memahami isi percakapan, paragraf, gambar di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Jombang ?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) mendesain materi bahasa arab dalam keterampilan menyimak dengan menggunakan program komputer Audacity, (2) Mengetahui sejauhmana efektifitas program tersebut dalam mengidentifikasi bunyi kata-kata bahasa arab, (3) Mengetahui sejauhmana efektifitas program tersebut dalam memahami isi percakapan, paragraf, gambar di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Jombang.
Metode penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (R&D) & Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 2 Madrasah Aliyah Sunan Ampel Jombang yang berjumlah 15 siswa pada tahun pelajaran 2010-2011.
Adapun hasil dari penelitian ini bisa di simpulkan yaitu : (1) Desain materi pelajaran yang terdiri dari : pendahuluan, pembagian materi pelajaran, petunjuk cara penggunaan program tersebut, (2) Bahwasannya nilai rata-rata pre-test dalam pengajaran keterampilan menyimak dari segi mengidentifikasi bunyi kalimat-kalimat bahasa arab adalah : 57. Adapun nilai rata-rata post- test dalam pengajaran keterampilan menyimak dari segi mengidentifikasi bunyi kalimat-kalimat bahasa arab adalah : 76 (3) Bahwasannya nilai rata-rata pre-test dalam pengajaran keterampilan menyimak dari segi memahami struktur kalimat dalam paragraf, percakapan & gambar adalah : 55.
Adapun nilai rata-rata post- test dalam pengajaran keterampilan menyimak dari segi memahami struktur kalimat dalam paragraf, percakapan & gambar adalah adalah : 70.Source : http://lib.uin-malang.ac.id/?mod=th_detail&id=09720018
Home » Uncategories » Desain Materi Ajar Bahasa Arab dalam Keterampilan Menyimak dengan menggunakan Program Komputer Audacity (Penelitian Pengembangan & Eksperimen di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Jombang )