RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.
B. Kompetensi Dasar
1.1. Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
C. Tujuan Pembelajaran :
• Siswa dapat Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan dengan Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) serta Berani ( courage)
• Siswa dapat Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
• Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
• Siswa dapat Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi Pokok
• Gambar / Denah
E. Kegiatan Pembelajaran
• Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
• Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
• Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
• Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
- Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
- Bertanya jawab seputar denah yang diamati.
• Kegiatan Inti
• Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
• Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru. secara perhatian ( respect ).
• Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
• Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar denah sendiri dengan cara Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan
Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan. SD YPBK berada di jalan Cip Bes-ut. Keluarlah dari SD YPBK , lalu ambil arah ke kiri. Susuri pasar sampai mencapai jalan raya. Lalu, naik mobil 06 A turut di UKI Naik mobil jurusan cibubur turut Di sebelah kiri Bumi Perkemahan cibubur ada pos polisi.
• Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!
• Bertanya jawab tentang petunjuk arah yang dibacakan guru
• Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
• Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
• Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
• Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
• Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang dibuat sendiri.