RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ...........................
TEMA : PERTANIAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR KOMPETENSI
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI DASAR
PKN | : | 4.1 | Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. |
IPS | : | 2.2 | Memahami pentingnya semangat kerja |
IPA | : | 4.2 4.3 5.2 | Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari |
Matematika | : | 3.1 | Mengenal pecahan sederhana |
Bahasa Indonesia | : | 5.1 | Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya |
5.2 6.2 7.1 8.1 | Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif. Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik |
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN | : | Siswa dapat mendeskripsikan letak geografis Indonesia Siswa dapat menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang Siswa dapat menyebutkan hasil laut Siswa dapat menyebutkan manfaat sungai Siswa dapat menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia |
IPS | : | Siswa dapat menjelaskan pentingnya semangat kerja Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja Siswa dapat menjelaskan alasan orang harus bekerja |
IPA | : | Siswa dapat menyebutkan pengertian angin Siswa dapat menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan Siswa dapat menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin Siswa dapat membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita Siswa dapat menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi Siswa dapat menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda |
Matematika | : | Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4 Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6 Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/2, 1/4 Siswa dapat membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4 Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/3, 1/6 Siswa dapat membaca lambang pecahan 1/3, 1/6 Siswa dapat menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar |
Bahasa Indonesia | : | Siswa dapat mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu Siswa dapat melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman Siswa dapat menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi Siswa dapat menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak Siswa dapat membacakan bacaan agak panjang secara intensif Siswa dapat membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar Siswa dapat menulis kalimat berita Siswa dapat memilih kalimat berita Siswa dapat menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan Siswa dapat menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline),Tekun ( diligence ),Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja sama ( Cooperation ),Toleransi ( Tolerance )Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )
