Model Pembelajaran Tutorial
A. Kegiatan pendahuluan
Pertama tutor memberi salam yang dilanjutkan mendata kehadiran peserta didik. Setelah itu tutor memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan permasalahan yang mereka temukan pada mata pelajaran yang sedang dibahas. Setelah semua permasalahan didata, tutor dan peserta didik menyepakati beberapa permasalahan yang akan dibahas pada pertemuan tersebut.
B. Kegiatan Inti
Setelah permasalahan disepakati, tutor menyampaikan sebuah tema untuk pembelajaran hari itu. Melalui tema tersebut tutor memberikan beberapa pertanyaan yang akan menggali pemahaman awal dan pengalaman yang dipunyai peserta didik. Kemudian tutor memberi penjelasan tentang konsep dari permasalahan yang disampaikan peserta didik. Setelah konsep dipahami peserta didik, tutor memberi beberapa latihan untuk penguatan konsep.
C. Penutup
Bersama-sama peserta didik, tutor menyimpulkan kompetensi yang mereka kuasai hari itu. Terakhir, tutor memberikan tugas mandiri dapat berupa mengerjakan modul ataupun proyek untuk portofolio.