PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) GEOGRAFI Kelas X

blogger templates






PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR GEOGRAFI MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
KELAS X SMAN I ....................(
....................( - ....................(

OLEH :
....................(.

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang


Sampai sekarang pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Untuk itu diperlukan sebuah strategi belajar baru yang lebih memberdayakan siswa. Sebuah strategi belajar yang tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta, tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkontruksikan di benak mereka sendiri.


Dalam proses belajar, anak belajar dari pengalaman sendiri, mengkonstruksi pengetahuan kemudian memberi makna pada pengetahuan itu. Melalui proses belajar yang mengalami sendiri, menemukan sendiri, secara berkelompok seperti bermain, maka anak menjadi senang, sehingga tumbuhlah minat untuk belajar, khususnya belajar Geografi.

1.2 Rumusan Masalah

Apakah model pembelajaran group Investigation (menemukan secara berkelompok) dapat meningkatkan minat belajar Geografi bagi siswa ?

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah agar siswa meningkatkan minatnya dalam belajar Geografi; sehingga siswa memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan perubahan sikap yang positif.

1.4 Manfaat Dan Hasil Penelitian

a. Siswa : Siswa termotivasi sehingga senang belajar Geografi dan dapat memperoleh pengalaman belajar.
b. Guru : Dapat menambah wawasan tentang strategi pembelajaran.
c. Sekolah : Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
d. Pengembangan Kurikulum : Merupakan upaya penyempurnaan Kurikulum


BAB II
KAJIAN PUSTAKA DAN RENCANA TINDAKAN


2.1 Minat

2.2 Belajar


2.3 Model Pembelajaran Group Investigation (Sharan, 1992)


BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Setting Penelitian

3.2 Persiapan Penelitian

Untuk memperlancar pelaksanan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, kami telah mempersipkan instrumen dan penilaian.

3.3 Siklus Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini menggunakan dua kali siklus, yaitu
Siklus pertama yang meliputi :

a. Pendahuluan

b. Langkah Utama

c. Langkah Penutup

3.4 Pembentukan Instrumen

3.5 Analisa Dan Refleksi


BAB IV
HASIL PENELITIAN


Model pembelajaran Group Investigation ini masih asing bagi siswa kelas X (sepuluh) SMA NEGERI I ....................(, karena belum pernah . Tahap awal praktek peneliti agak banyak menjelaskan pada siswa tentang cara belajar di lapangan untuk memperoleh pengalaman belajar; seperti bagaiman menggunakan alat-alat, bagaimana mencatat hasil penelitian, membuat kesimpulan, berdiskusi dan menyampaikan hasil pembahasan (mempresentasikan).

SMA NEGERI I ....................( belum mempunyai laboratorium yang memadai, sehingga siswa kurang dalam pelaksanaan praktikum. Setelah siswa dianggap cukup untuk memahami model pembelajaran Group Investigation, selanjutnya pembelajaran diberikan pada pertemuan berikutnya.


Pertemuan berikutnya (2 jam pelajaran)

1). Disajikan dan dijabarkan KD hingga siswa memahami akan apa yang akan dipelajari
2). Menginterpretasikan materi pelajaran yang akan dijabarkan.
3). Menata indikator sesuai dengan kelompok-kelompoknya.
4). Membentuk kelompok
5). Memonitor seluruh tugas siswa
6). Mendiagnose kesulitan siswa
7). Melakukan penilaian

Angket siswa terhadap pelajaran Geografi

ª Diberikan sebelum memulai pembelajaran.

Hasilnya : Kurang berminat
ª Observasi aktivitas guru dalam perencanaan sangat baik, sedangkan dalam
pelaksanaan diperoleh hasil baik

ª Observasi minat siswa dalam belajar diperoleh hasil cukup baik.

Refleksi I


Refleksi II



BAB V

PENUTUP



5.1 Kesimpulan
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas X (sepuluh) SMA NEGERI I ....................( dengan menggunkan metode pembelajaran Group Investigation ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus pertama belum bisa mencapai hasil seperti yang diharapkan, karena siswa masih belum terbiasa. Setelah ada motivasi maka pada pelaksanaan siklus kedua ada

Perubahan yang sangat berarti ke arah yang sangat baik. Siswa sudah menunjukkan peningkatan minat dalam belajar Geografi.


5.2 Saran
Sehubungan dengan penelitian yang dilakukan, maka peneliti memberikan saran yang berkaitan dengan usaha peningkatan minat belajar bagi siswa sebaiknya menerapkan model pembelajaran Group Investigation.

ini hanya referensi mungkin bisa jadi pedoman dalam penyusunan PTK anda
"Menyusun itu susah dan memakan waktu jika anda mau kerjakan dengan kerja keras"



Orang bijak mengatakan "jika kita tidak bisa melakukan, berikan apa yang bisa kamu berikan untuk orang yang telah membantu anda"

 Info lain kirim pesan via SMS atau Mail






.